Friday, September 13, 2013

Wow, Ada Gedung yang Bisa Lelehkan Mobil di London!


Pengembang sebuah gedung megah di pusat kota London menerima banyak keluhan dari para pemilik mobil yang parkir di sekitar gedung. Apa sebabnya? Ternyata gedung tersebut diklaim memantulkan sinar matahari yang amat kuat hingga menyebabkan mobil-mobil meleleh.
Gedung yang dimaksud adalah 20 Fenchurch Street, juga dikenal sebagai Menara Walkie Talkie, di Jalan Fenchurch di pusat kota London. Disebut sebagai Menara Walkie Talkie karena bentuk gedung tersebut mirip dengan alat komunikasi jarak dekat, walkie talkie.
Menara Walkie Talkie memiliki permukaan yang melengkung dan berlapis kaca. Desain tersebut menyebabkan sinar matahari terkumpul dan memantul ke satu arah. Pantulan sinar matahari dari gedung tersebut begitu kuat hingga mampu melelehkan mobil yang terkena pantulan dalam waktu lama.
Martin Lindsay misalnya. Berdasarkan kabar yang dirilis Heraldsun, pria pemilik perusahaan ini terkejut ketika menemukan Jaguar XJ miliknya meleleh setelah diparkir selama 1 jam di dekat gedung. Beberapa bagian bodi mobilnya tampak penyok sedangkan kaca spionnya meleleh tak berbentuk.
Setelah mengajukan pengaduan kepada developer gedung, Martin menerima ganti rugi sebesar US$1635 (Rp18.500). Namun, kejadian tersebut bukan cuma menimpa Martin, tetapi juga pemilik mobil lainnya yang parkir di sekitar gedung. Untuk mencegah lebih banyak mobil meleleh, kawasan parkir di sekitar gedung Walkie Talkie telah ditutup untuk sementara.

No comments:

Post a Comment