Friday, September 13, 2013

Jangan Lakukan Hal-hal Ini Saat Bepergian dengan Pesawat


Perjalanan dengan pesawat, terlebih di kelas ekonomi, terkadang menimbulkan pengalaman yang kurang menyenangkan. Pemeriksaan berlebihan di bandara, ruang duduk yang sempit, dan suara bising mesin pesawat bisa menimbulkan mood jelek ketika bepergian. Namun, hal yang paling dirasa mengganggu adalah kelakuan penumpang lain yang kelewat cuek dan tidak memiliki rasa toleransi. Melakukan hal-hal di bawah ini bisa membuatmu menerima pandangan sinis dari penumpang lainnya di pesawat. 

Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan di Pesawat

1. Membaringkan kursi terus-menerus
Bukan cuma kamu yang ingin merasa nyaman saat bepergian dengan pesawat. Penumpang di belakangmu juga ingin merasakan kenyamanan yang sama. Maka, meskipun bisa, jangan tergoda untuk merebahkan kursi terus menerus sejak awal hingga akhir penerbangan. Lagipula, berbaring dalam waktu yang lama bisa menyurutkan semangatmu ketika mencapai tempat tujuan.
2. Mengobrol tanpa henti
Mungkin kamu tergolong tipe orang yang ramah dan mudah bergaul. Tapi, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk mengobrol tanpa henti dengan penumpang di sebelahmu. Selain berisik, penumpang yang kamu ajak ngobrol mungkin ingin istirahat sebelum mengurus bisnis di Jakarta atau melakukan berbagai aktivitas pantai di Bali.
3. Berpenampilan berantakan dan bau
Harap disadari bahwa bepergian dengan pesawat berarti duduk berdekatan dengan penumpang lain dalam ruangan yang sempit dan tertutup. Orang yang duduk di sebelahmu tak akan merasa senang jika kamu tampak kotor, berantakan dan berbau tak sedap. Bau tak sedap yang dimaksud bukan hanya bau keringat, tetapi juga bau parfum yang menyengat berlebihan.
4. Menendang atau menekan kursi depan dengan kaki
Hal ini lebih sering dilakukan oleh anak-anak, namun terkadang orang dewasa juga melakukannya tanpa sadar. Menendang atau menekan kursi di depanmu bisa memicu kemarahan penumpang yang duduk di sana. Jika dilakukan sekali atau dua kali mungkin mereka masih bisa sabar. Tapi jika lebih dari 3 kali, bersiaplah mendapat teguran atau bahkan teriakan marah.
5. Bolak-balik ke toilet
Bolak-balik ke toilet memang tak bisa dihindari jika kamu sakit perut. Tapi, seharusnya kamu bisa mencegah sakit perut tersebut dengan menghindari makanan pedas dan tak higienis serta makan secara teratur sebelum berangkat. Jika kamu termasuk tipe orang yang gampang sakit perut, pilihlah kursi dekat lorong agar kamu bisa pergi ke toilet sesuka hati tanpa mengganggu penumpang di sebelahmu.
6. Berperilaku jorok
Kursi pesawat bukanlah tempat yang tepat dan nyaman untuk menggunting kuku atau mencongkel sisa makanan di gigi. Jika kamu benar-benar ingin melakukannya pergilah ke toilet. Terkadang, ibu yang tak mau repot juga mengganti pampers sang buah hati di kursi penumpang. Padahal, hal tersebut bisa sangat mengganggu penumpang hingga radius 5 kursi.
7. Meletakkan tangan di lengan kursi sepanjang waktu
Kursi pesawat, terutama kelas ekonomi, seringkali hanya memiliki satu lengan di bagian tengah. Jangan egois dengan meletakkan tanganmu di tempat tersebut sepanjang waktu. Penumpang di sebelahmu juga perlu mengistirahatkan tangannya di lengan kursi sewaktu-waktu.
8. Mabuk
Jangan minum alkohol berlebihan di pesawat. Duduk di sebelah penumpang yang mabuk adalah hal terakhir yang diinginkan oleh setiap penumpang pesawat. Karena tidak berada dalam keadaan sadar, penumpang yang mabuk terkadang melakukan hal-hal aneh yang bisa berujung pada keributan.
9. Menguasai kompartemen atas untuk menyimpan bagasi
Meski kamu masuk ke dalam pesawat lebih dulu, bukan berarti kamu bisa bebas menguasai kompartemen atas untuk meletakkan barang bawaan. Penumpang di sebelah dan sampingmu juga punya hak yang sama. Jangan sampai barang bawaanmu memakan tempat yang melebihi haknya. Sebaiknya, letakkan dulu tas yang lebih besar di bawah kursi di bagian depan kaki, lalu taruh sisanya di kompartemen atas.
10. Bersikap tak ramah kepada penumpang di sebelah
Kenal atau tidak, kamu akan menempuh perjalanan bersama penumpang di sebelahmu hingga pesawat mencapai tujuan. Usahakan untuk selalu bersikap ramah dengan menebarkan senyum saat pertama kali bertatap muka. Jika kamu duduk dekat lorong, jangan perlihatkan pandangan sinis jika orang di sebelahmu meminta jalan untuk ke toilet.
Itulah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat berada di pesawat. Jika seluruh penumpang saling bertoleransi, perjalanan dengan pesawat akan menjadi jauh lebih menyenangkan.

No comments:

Post a Comment