Friday, September 13, 2013

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Earphone


Mendengarkan musik merupakan salah satu upaya sesorang untuk menghilangkan kejenuhan di sela-sela aktivitas yang padat setiap hari. Namun, ada baiknya jika Kamu mengetahui lebih jauh mengenai cara menikmati musik lebih baik melalui gadgetmu. Semakin mewah gadget yang Kamu gunakan tentunya berpengaruh terhadap kualitas musik yang Gadgeteers dengarkan. Namun, kamu juga masih harus memperhatikan beberapa hal lain untuk mengoptimalkan kualitas musik yang kamu dengarkan melaluigadgetmu, yaitu file musik yang digunakan dan speaker.
Perlu kamu ketahui, 30% kualitas musik yang kamu dengarkan bergantung pada speaker yang digunakan untuk memainkan lagu pada gadgetSpeaker yang dimaksud bisa berupa speaker pada gadgetmaupun speaker yang terdapat pada earphone.
Gadget pada umumnya memiliki kualitas speaker yang kurang baik untuk mendengarkan musik, jadi ada baiknya jika Gadgeteers menggunakan earphone dengan kualitas baik agar kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih baik.
Ada berbagai jenis dan bentuk earphone yang dijual di pasaran. Mulai dari yang berbentuk ear bud hingga yang berbentuk in-ear monitor. Jenis speaker yang ada didalam earphone ini pun berbeda-beda. Semakin kompleks susunan komponennya, maka semakin baguslah suara yang dihasilkannya. Dengan kompleksitas komponen yang tinggi, earphone tersebut akan semakin tinggi pula harganya.
Dari mana kamu bisa mengetahui kualitas earphone yang dijual dengan harga tinggi itu? Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dari saat mencoba earphone, yaitu :
1.  Bass
Bass 
yang dihasilkan oleh earphone dengan kualitas baik tentunya akan terdengar solid  dan deep. Basstidak hanya sekedar terdengar jelas, tetapi juga tidak ‘sember’. Nada rendah yang dihasilkan oleh bass pun juga akan terdengar dengan sangat akurat.
2. Mid-RangeSuara yang dihasilkan oleh earphone kualitas baik tentunya akan jernih. Vokal dan hentakan snare drum pun juga akan terdengar dengan jelas. Bahkan gesekan suara tangan yang terjadi dengan gitar juga dapat terdengar jika earphone yang digunakan memang berkualitas tinggi.
3. TrebleSuara yang dihasilkan tentunya tidak memekakkan telinga. Earphone yang berkualitas juga mampu memainkan nada tinggi dengan natural dan tidak berlebihan. Terlebih lagi, earphone  dengan kualitas baik tidak akan menyebabkan ear-fatigue ( kelelahan pada telinga sehingga menyebabkan rasa pusing pada kepala).
4. Staging & Imaging
Earphone 
yang baik akan dapat membuat kamu dapat membayangkan asal datangnya suara instrumen pada lagu yang dimainkan.
Sumber

No comments:

Post a Comment