Friday, September 13, 2013

Belanja Online? Sebaiknya Jangan Beli 5 Produk Ini


Berbelanja online memang menyenangkan. Kita tinggal duduk manis di rumah, memilih barang yang disuka di depan layar komputer, melakukan pembayaran, dan menunggu barang tiba. Tapi, ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online. Beberapa Pertimbangannya ialah ongkos kirim yang besar, ketahanan barang yang hanya sebentar, dan kenyamanan barang ketika dikenakan. Untuk beberapa barang di bawah ini, mungkin sebaiknya kita meluangkan sedikit waktu untuk berbelanja langsung di toko fisik. 

5 Produk yang Sebaiknya Tidak Dibeli Secara Online

1. Benda Berukuran Besar dan Berat
Membeli benda berukuran besar seperti lemari es, lemari pakaian, atau meja kerja secara langsung memang agak merepotkan. Tapi, kita bisa meminta pihak toko untuk mengirimkan benda tersebut langsung ke alamat kita. Biaya pengiriman yang dikenakan toko biasanya jauh lebih murah dibanding ongkos kirim yang dikenakan oleh perusahaan-perusahaan logistik. Umumnya, perusahaan ekspedisi tak hanya menerapkan tarif berdasarkan ukuran dan volum. Bayangkan berapa banyak ongkos kirim yang harus kita keluarkan untuk membeli benda berukuran besar secara online. Bisa-bisa, ongkos kirimnya malah lebih mahal dibanding harga barang itu sendiri.
2. Produk Segar (Sayuran dan Buah-buahan)
Ketika memesan barang secara online, dibutuhkan waktu beberapa hari hingga barang sampai ke tangan kita. Jika beruntung, barang bisa tiba dalam waktu 1-2 hari, namun terkadang proses pengiriman bisa memakan waktu berminggu-minggu. Bagaimana jadinya jika barang yang kita pesan adalah sayur-sayuran atau buah-buahan? Mungkin saja barang tersebut sudah busuk ketika tiba di tempat. Akan jauh lebih aman jika kita membeli sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan produk segar lainnya di supermarket atau pasar tradisional.
3. Sepatu
Ada begitu banyak toko online yang menawarkan berbagai jenis sepatu dengan model yang menarik dan potongan harga yang besar. Lalu, mengapa kita tidak boleh memanfaatkannya dan membeli sepatu secara online? Alasannya sepele yaitu karena sepatu tersebut belum tentu pas di kaki kita. Membeli sepatu berbeda dengan membeli baju. Baju tetap bisa kita kenakan meski ukurannya sedikit terlalu besar atau terlalu kecil. Namun, sepatu tidak akan terasa nyaman jika ukurannya tidak benar-benar pas. Beberapa orang mungkin sudah mengetahui ukuran kakinya masing-masing, namun hal tersebut tidak menjamin bahwa sepatu yang mereka beli menggunakan standar ukuran yang sama. Lain halnya jika si penjual menjanjikan bahwa barang yang sudah dibeli ‘dapat ditukar kembali’.
4. Perhiasan
Perhiasan terutama yang terbuat dari emas dan batu mulia tentu memiliki harga yang amat mahal. Sebelum mengeluarkan uang sedemikian besar untuk membeli perhiasan, pembeli biasanya ingin memastikan secara langsung model, kualitas, dan keaslian dari benda indah yang akan mereka beli. Gambar yang dipampangkan penjual di internet biasanya terlihat indah berkilauan dan menggoda konsumen untuk segera membelinya. Namun, gambar bisa terlihat jauh lebih indah dari aslinya karena teknik pencahayaan dan pengambilan gambar yang profesional. Jadi, lebih baik kamu pergi ke toko perhiasan dan beli berlian yang kamu suka secara langsung.
5. Produk Murah
“Wah murah banget, beli ah!” Itu mungkin menjadi kata-kata yang akan diucapkan oleh para shopaholic ketika menemukan barang di toko online dengan harga yang jauh lebih murah dibanding toko-toko ritel fisik. Namun, jangan langsung tergoda untuk membeli barang tersebut, karena bisa saja itu merupakan barang imitasi atau ilegal. Ada banyak sekali produk tiruan atau barang-barang selundupan yang beredar di internet. Ketika membeli langsung, kita bisa langsung mengecek kualitas barang untuk meminimalisir kemungkinan membeli barang “kw” atau imitasi. Hal tersebut sulit dilakukan ketika membeli online. Silakan membeli barang jika kamu yakin bahwa pihak penjual adalah vendor yang profesional dan terpercaya.

No comments:

Post a Comment