Friday, September 13, 2013

Inilah 10 Gedung Tertinggi di Dunia, Semua Bisa Terlihat!

Burj Khalifa

Di era modern seperti sekarang ini, gedung-gedung pencakar langit bermunculan di berbagai belahan dunia. Beberapa gedung menjulang tinggi hingga melebihi 500 meter. Fungsinya bermacam-macam, ada yang menjadi gedung perkantoran, menara telekomunikasi, hotel, perpustakaan, maupun tempat rekreasi. Daftar 10 gedung tertinggi di dunia dapat kamu temukan di bawah ini. Sayangnya, tak satupun dari gedung tersebut yang berlokasi di Indonesia.

10 Gedung Tertinggi di Dunia

1. Burj Khalifa
Burj Khalifa merupakan gedung pencakar langit yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Dengan ketinggian 829,8 meter, Burj Khalifa tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia, mengalahkan pemuncak posisi sebelumnya, Taipei 101. Burj Khalifa yang diresmikan pada 4 Januari 2010 tergolong sebagai gedung multifungsi. Bangunan yang diresmikan pada 4 Januari 2010 ini digunakan sebagai hotel, apartemen, mal, pusat observasi, sekaligus tempat rekreasi andalan di Dubai.
2. Abraj Al Bait
Tak mau kalah dengan negara tetangganya Uni Emirat Arab, Arab Saudi juga ikut membangun gedung super tinggi bernama Abraj Al Bait. Gedung setinggi 601 meter ini berlokasi di kota Mekah yang menjadi destinasi wisata realigi utama bagi umat Muslim dari seluruh penjuru dunia. Bagian atas gedung dihiasi dengan jam super besar yang masih bisa terlihat dengan jelas meski dipasang di ketinggian lebih dari 500 meter. Jam di Abraj Al Bait merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia.
Abraj Al Bait
Abraj Al Bait
3. One World Trade Center
One World Trade Center tergolong sebagai gedung yang paling baru dibandingkan gedung-gedung tertinggi lainnya di dunia. One World Trade Center baru selesai dibangun pada 10 Mei 2013 lalu. Terletak di kawasan bisnis di pusat kota New York, Amerika Serikat, One World Trade Center berfungsi sebagai gedung perkantoran. Kini, gedung setinggi 541,3 meter ini menjadi gedung tertinggi di AS, mengalahkan pendahulunya Empire State Building.
4. Taipei 101
Taipei 101 sempat memegang predikat sebagai gedung tertinggi di dunia selama lebih dari 6 tahun sejak 2004. Mulai tahun 2010, posisinya digantikan oleh Burj Khalifa di Dubai yang lebih tinggi 1,6 kali dibanding Taipei 101. Namun, Taipei 101 tetap menjadi gedung kebanggaan Taiwan yang pernah menerima banyak penghargaan. Gedung setinggi 509 meter yang berlokasi di distrik Xinyi, Taipei, ini pernah dinobatkan sebagai gedung hijau tertinggi dan terbesar di dunia oleh Leadership in Economy and Environmental Design (LEED) pada Juli 2011.
5. Shanghai World Financial Center
Cina tak mau ketinggalan dengan negara-negara lainnya dalam hal arsitektur. Negara ini tak hanya menyimpan bangunan bergaya tradisional Cina tetapi juga gedung-gedung dengan bentuk yang modern dan unik. Maka tak heran jika salah satu gedung tertinggi di dunia berlokasi di Cina. Shanghai World Financial Center di distrik Pudong, Shanghai, menempati peringkat 5 gedung tertinggi dunia dengan ketinggian 492 meter. Sama seperti Burj Khalifa, Shanghai World Financial Center merupakan gedung multi fungsi yang digunakan sebagai gedung perkantoran, hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, dan tempat observasi.
Shanghai World Financial Tower
Shanghai World Financial Tower
6. International Commercial Center
Salah satu gedung tertinggi di dunia kembali berlokasi di wilayah Asia Timur. International Commercial Center yang terletak di kawasan Tsim Sha Tsui, Hong Kong berada di peringkat ke-7 dengan ketinggian maksimal 484 meter. Gedung ini menjadi rumah dari hotel The Ritz-Carlton Hong Kong, observatorium Sky100, serta kolam renang tertinggi di dunia. Bagian-bagian gedung lainnya digunakan sebagai gedung perkantoran untuk perusahaan layanan keuangan terkemuka dunia seperti Morgan Stanley, Credit Suisse, dan Deutsche Bank.
7. Petronas Tower
Petronas Tower menjadi salah satu gedung pencakar langit kebanggaan Malaysia selain Kuala Lumpur Tower. Petronas Tower terdiri atas 2 gedung identik yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Sejak tahun 1998, Menara Kembar Petronas memegang reputasi sebagai gedung tertinggi di dunia (452 meter). Posisi tersebut diambil alih oleh Taipei 101 pada tahun 2004. Meski demikian, Petronas Tower tetap menjadi gedung kebanggaan Malaysia dan menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kuala Lumpur.
8. Zifeng Tower
Dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak di mana lokasi gedung tinggi yang satu ini. Ya, Zifeng Tower berada di Cina, tepatnya di wilayah Nanjing, bagian timur Cina. Zifeng Tower terdiri dari 89 tingkat dengan ketinggian maksimal mencapai 450 meter. Bagian atasnya menjadi markas dari perusahaan-perusahaan Cina dan observatorium, sementara bagian bawahnya berfungsi sebagai hotel dan restoran.
9. Wilis Tower
Asia tampak mendominasi daftar 10 gedung tertinggi di dunia, namun AS tak mau mengalah begitu saja. Negeri Paman Sam ini masih memiliki salah satu gedung tertinggi di dunia yaitu Wilis Tower yang berlokasi di Chicago, negara bagian illinois. Wilis Tower menjulang setinggi 442 meter dan tercatat sebagai yang tertua dalam daftar 10 gedung tertinggi di dunia. Sejak selesai dibangun tahun 1973, Wilis Tower menyandang gelar sebagai gedung tertinggi dunia selama 25 tahun tanpa tergantikan.
Wilis Tower
Wilis Tower
10. Jin Mao Building
Lagi-lagi, Cina menjadi lokasi dari salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Jin Mao Building di distrik Pudong, Shanghai, berada di urutan 10 dengan ketinggian 421 meter persegi. Sempat menjadi gedung tertinggi di Cina, ketinggian Jin Mao Building dikalahkan oleh tetangganya sendiri Shanghai Tower. Gedung tersebut berfungsi sebagai hotel, mal, restoran, dek observasi, serta pusat hiburan malam di kota Shanghai.

No comments:

Post a Comment